Depan Profil Sejarah Desa Kramatmulya

Sejarah Desa Kramatmulya

 

SEJARAH SINGKAT DESA KRAMATMULYA

KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN

 

Pada masa jaman penjajahan Belanda dan Jepang nama Desa Kramatmulya adalah Desa Kurucuk, nama Desa Kurucuk diambil dari nama tempat yang sering dipakai memasang macam bentuk duri (cucuk “sunda”) sebagai ranjau untuk menghadang kaum penjajah yang akan masuk ke Desa Kurucuk.

Pada masa itu di Desa Kurucuk ini ada sesepuh yang sangat dihormati dan sangat di agung-agungkan oleh masyarakatnya sehingga untuk menghormati nama sesepuh tersebut dipakai untuk nama jalan yang diberi nama yaitu “Buyut Demang” yang posisinya lurus dengan jalan dari Desa Kalapagunung. Selain dari itu pula ada lagi nama kali (hawangan “sunda”) yang diberi nama yaitu “Cibugang” yang ceritanya waktu jaman dulu pada kali (hawangan ”sunda”) tersebut ada dua jawara (petarung) yang bertarung terus menerus sampai meninggalnya kedua jawara (petarung) di kali (hawangan “sunda”) tersebut. Jadi sampai saat ini kali (hawangan “sunda”) tersebut dinamakan kali (hawangan “sunda”) “Cibugang”.

Di Desa Kurucuk juga ada satu tempat yang letaknya dihulu dayeuh (sunda) yaitu di komplek pasar, dimana tempat tersebut dikeramatkan oleh masyarakat desa, menurut informasi dari masyarakat desa setempat, tempat tersebut ada yang menjaga dan ngaraksa desa (sunda) yang bentuknya berupa “Kuburan”.

Menurut riwayat, kuburan tersebut adalah kuburan leluhur (karuhun “sunda”) yang dahulu kala memperjuangkan desa agar aman dari gangguan para penjajah. Sesudahnya Negara Indonesia merdeka dan berganti kepemerintahan, nama desa kurucuk diganti dengan nama “Desa Kramatmulya” yang diambil dari nama tempat yang telah dikeramatkan oleh masyarakat setempat yaitu “kuburan kramat”.

Sampai sekarang nama Desa Kramatmulya menjadi nama permanen, maksudnya sebagai pengingat bahwa di Desa Kramatmulya ada sebuah kuburan yang di keramatkan oleh masyarakat setempat sebagai leluhur (karuhun “sunda”) yang memperjuangkan desa.

            Dalam hal tersebut sebagian besar masyarakat Desa Kramatmulya menjadi Petani dan Pedagang, dan sampai saat ini keadaan didalam desa menjadi tentram, aman, gemah ripah loh jinawi.

 

 

Susunan Kepala Pemeritahan

            Susunan Kepala Pemerintahan tidak tercatat tahun dari awal, karena terbatas Informasi yang bisa dihimpun, susunan Kepala Pemerintahan Desa Kramatmulya yang tercatat adalah :

1.      SALIM. N                                   (1964 - …….)

2.      H. IBRAHIM                              (1988 – 1994)

3.      ASJI                                           (1994 – 2000)

4.      OONG SURYA. D                    (2000 – 2008)

5.      APANDI                                     (2008 – 2014)

6.      H. KARDI, S.Sos                       (2015 – Sekarang)